Penyelamat saat musim panas - rhyrhyna

Penyelamat saat musim panas

by - Juli 14, 2020

Hot summer, hot, hot, summer....


Hayo, yang k-popers bisa tebak itu potongan lirik dari lagu apa? (ketauan banget kalo k-popers jaman fosil)

Indonesia itu kan cuma ada 2 musim ya, musim ujan sama musim kemarau. Nah musim kemarau ini mirip-mirip lah ya, sama summer kalo di luar negeri gitu. Ya panas, gerah, matahari rasanya deket banget sama ubun-ubun. 

Kodisi yang seperti itu, bisa bikin kulit kita jadi agak berubah dan kita harus menyesuaikan skincare kita juga. Aku pribadi sekarang ini cuma pake basic skincare aja. Dan udah pernah aku jelasin pake apa aja di postingan soal skincare Work From home.

Jadi untuk versi skincare untuk summer alias musim panas, nggak bakalan jauh beda juga. Tapi ada beberapa hal penting yang menurutku harus diubah sedikit. Istilah keren nya mah, summer essentials gitu. 

1. SPF lebih tinggi

Saat musim panas, sinar matahari jadi semakin ganas. Wajib banget buat pake sunscreen dengan kadar SPF yang lebih tinggi, dan sering di aplikasi kan ulang tentunya. Kalo masalah pake brand apa, tinggal disesuaikan aja sama kondisi kulit dan harganya. 

Aku pilih Nivea Sun Face Protection Serum SPF 50+++ Instant Aura. Selain harganya murah, produk ini ringan, cepat meresap, dan nggak bikin muka terlihat kucel mirip orang belum mandi, 'kumus-kumus' kalo bahasa Jawa nya. Bahkan menurutku, wajah jadi sedikit lebih cerah. 

Kalo lagi bosen sama Nivea, biasanya aku switch pake Biore Aqua Rich Watery Essence  SPF 50 PA+++

Kedua nya sama-sama ringan, jadi aku nggak males buat aplikasikan ulang. 


2. Bawa kipas saat berpergian


Bawa kipas kecil, terkesan sepele tapi membantu banget loh. Apalagi kalo lagi pergi, dan kebetulan tempat yang kalian tuju nggak ada AC nya. Lumayan, ada yang bikin adem. Kalo kepala adem, kan hati juga jadi lebih tenang biasanya. Biar nggak gampang emosi. Kalo panas gerah, pengen marah-marah mulu soalnya. Tidak baik, tolong jangan ditiru. 

3. Menggunakan Lotion yang nyaman, tipe Gel untuk seleraku

Kalo lagi panas, rasanya males banget buat pake body lotion yang lembabnya berlebihan. Ujung-ujungnya berasa lengket gitu. Tapi mungkin ini aku aja yang rewel orangnya. Padahal kulit badan kering banget. Kalo udah gini, aku siasatin pake lotion yang tipe gel gitu. Soalnya pas diaplikasikan ringan, dingin, dan cepat meresap. Tinggal diaplikasikan ulang kalo emang masih kurang lembab.

Aku pake Citra Fresh Glow Multifunction Gel Coconut Nourish UV. Suka karena no alcohol, wanginya enak dan cepat meresap.

4. Mengurangi minyak di wajah dengan masker

Kalo lagi panas, wajah cenderung jadi gampang berminyak. Kalo untuk kasusku, minyaknya cuma di t-zone aja. Cuma tetep aja mengganggu kalo minyaknya berlebihan. Solusinya, aku wajib pake clay mask seminggu sekali.

Aku pake Everwhite Let It Glow Clay Mask, Strawberry. Wanginya enak banget seriusan. Masih ada alkohol nya sih, tapi produk ini hasil akhirnya nggak bikin kulit kering loh. Cuma berasa minyak berkurang dan bersih aja gitu. Suka... 

5. Berusaha mengurangi komedo

Aku juga pake produk yang bisa ngurangin komedo. Ada Inisfree Jeju Volcanic Blackhead Out Balm. Produk ini agak ngeselin sih penggunaanya. Harus dipijit-pijit gitu ke area hidung selama beberapa menit, nanti komedonya melting gitu dan terangkat sama produknya. Kalo untuk blackheads sih menurutku kurang ampuh yah, yang keangkat whitehead aja menurutku. 

Terus ada semacam blackheads remover mask, yang aku beli di Century. Hasilnya, yaaaaa biasa aja sih. Yang aku suka dia cepet keringnya, gampang di peel off dan nggak terasa sakit juga.

6. No-sebum Powder

Ini optional sih. Tapi aku suka pake no-sebum powder untuk area t-zone. Aku pake Emina no Sebum Powder karena harganya murah dan kemasanya oke. Enak buat dibawa-bawa. 

 


Udah itu aja sih kalo aku. Jangan lupa cek juga postingan punya Pipit ZL untuk referensi summer essentials lainya. Atau kalo kalian butuh lebih banyak info soal skincare dan makeup secara lebih luas, bisa follow Instagram nya BEAUTIESQUAD aja. Ada banyak info-info menarik  di sana. Bahkan tulisan kali ini merupakan hasil kolaborasi BEAUTIESQUAD untuk bulan Juli.


See yaaa!!! 

You May Also Like

0 komentar

Halo, makasih sudah mampir ke blog ini. Kalau kalian ada pertanyaan atau sekedar mau sharing, silahkan tulis komentar ya. Jangan lupa berkomentar dengan sopan. Thank you... (untuk yang butuh fast response, bisa DM IG aja ya)